PT Bank CIMB Niaga Tbk (IDX: BNGA) mencatat laba sebelum pajak konsolidasian (unaudited) sebesar Rp2,0 triliun pada kuartal pertama tahun 2023 (1Q2"), atau naik sebesar 29,5% year-on-year (Y-o-Y) dan menghasilkan earnings per share Rp63,42.
Dalam keterangan tertulisnya disebutkan, Gross non-performing loans (NPL) menurun ke 2,6% dari 3,6% di 1Q22 dan 2,8% di 4Q22. Adapun return on equity (ROE) meningkat menjadi 15,1%. CIMB Niaga mempertahankan posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan capital adequacy ratio (CAR) dan loan to deposit ratio (LDR) masing-masing sebesar 21,3% dan 82,2%.
Sedangkan, total aset konsolidasian adalah sebesar Rp347,3 triliun per 31 Maret 2023, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia. Total Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp240,1 triliun dengan rasio CASA sebesar 61,2%, sebagai hasil upaya Bank membangun hubungan yang lebih erat sekaligus meningkatkan pengalaman nasabah dalam memanfaatkan layanan digital CIMB Niaga.
Sementara, jumlah kredit/pembiayaan naik 10,1% Y-o-Y menjadi Rp201,1 triliun (atau Rp199,6 triliun di luar pembiayaan Salam), didukung pertumbuhan bisnis Corporate Banking (+16,2% Y-o-Y) dan Consumer Banking (+9,4% Y-o-Y). Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tumbuh 5,5% Y-o-Y, sementara Kredit Pemilikan Mobil (KPM) meningkat sebesar 20,6% Y-o-Y, termasuk kontribusi dari anak perusahaan PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF).
Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, "Kami memulai tahun 2023 dengan meraih hasil yang menggembirakan di kuartal pertama untuk seluruh segmen bisnis, didukung oleh pertumbuhan kredit yang baik serta peningkatan kualitas underlying asset.
Perolehan ini memungkinkan kami untuk terus mengakselerasi penciptaan nilai bagi para stakeholders, serta memperkuat keyakinan atas prospek yang positif sampai akhir tahun 2023."katanya.
"Pencapaian kinerja kami mencerminkan pemulihan ekonomi Indonesia yang baik dan kesuksesan dalam penerapan 5 Pilar Strategi CIMB Niaga, yang berfokus pada pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Ke depannya, kami akan terus membangun dan memanfaatkan kapabilitas digital untuk meningkatkan customer experience dan mendorong pencapaian tujuan jangka panjang CIMB Niaga,"tambah Lani.
Ia mengatakan, CIMB Niaga terus mengoptimalkan kanal digital untuk memberikan kemudahan kepada nasabah dalam mengajukan berbagai produk perseroan. Di antaranya melalui Online Form untuk pengajuan KPR, Kartu Kredit, serta Personal Loan secara mandiri.
Tersedia pula aplikasi referral OCTO Friends yang memberikan peluang mendapatkan penghasilan tambahan bagi nasabah dan karyawan, dengan mereferensikan produk dan layanan Bank kepada keluarga dan rekan. "Melalui kanal digital yang terintegrasi, pengajuan produk CIMB Niaga menjadi lebih cepat," ujar Lani. (end)
Sumber: iqplus-
Informasi lengkap pasar saham ada di Website Saham Online.
Materi belajar trading dan investasi saham ada di Channel Youtube Saham Online.
Komentar
Posting Komentar