PEFINDO menegaskan peringkat "idBBB-" kepada PT Waskita Toll Road (WSTR). Namun, kami merevisi outlook atas peringkat Perusahaan menjadi "negatif" dari "stabil", mengikuti perubahan yang sama pada outlook peringkat induk perusahaannya, PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT, idBBB/Negatif), yang mencerminkan mengantisipasi meningkatnya risiko pembiayaan kembali dari obligasi WSKT yang akan jatuh tempo pada bulan Mei dan Oktober sebesar Rp2,1 triliun.
Awalnya, WSKT berencana untuk membiayai kembali seluruh obligasi yang jatuh tempo pada tahun 2022 menggunakan dana dari rencana aksi korporasi, tetapi kami memahami bahwa rencana ini masih dalam proses sehingga realisasi penyelesaian rencana aksi korporasi tersebut berada di luar batas waktu yang diharapkan. Perubahan prospek juga mencerminkan risiko pelaksanaan terkait rencana aksi korporasi karena bergantung pada selera dan kondisi pasar, yang dapat semakin menantang bagi WSKT dalam kaitannya dengan situasi gagal bayar salah satu anak perusahaannya PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) baru-baru ini, sebagai akibat dari penetapan WSBP dalam masa Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) sementara. WSTR dianggap sebagai anak perusahaan inti dari WSKT sehingga setiap perubahan peringkat dan/atau outlook perusahaan induk akan langsung tercermin pada WSTR.
Obligor dengan peringkat idBBB memiliki kemampuan yang memadai dibandingkan obligor Indonesia lainnya untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya. Walaupun demikian, kemampuan obligor lebih mungkin akan terpengaruh oleh perubahan buruk keadaan dan kondisi ekonomi. Tanda Kurang (-) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif lemah dan di bawah rata-rata kategori yang bersangkutan.
Peringkat tersebut mencerminkan tingkat dukungan yang sangat kuat dari induk dan propsek jalan tol yang baik. Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh struktur permodalan Perusahaan yang agresif dan proteksi arus kas yang lemah, ketergantungan yang tinggi pada divestasi aset untuk membiayai ekspansi bisnis, dan risiko bisnis terkait pengembangan jalan tol baru.
Peringkat dapat diturunkan jika peringkat perusahaan induk diturunkan, atau jika kami melihat penurunan yang signifikan terkait tingkat dukungan dan kepemilikan dari induk perusahaan. Selain itu, peringkat juga dapat berada di bawah tekanan jika Perusahaan gagal melakukan divestasi aset jalan tol Perusahaan sesuai rencana dan diikuti oleh tingkat utang yang lebih tinggi dari perkiraan, yang dapat melemahkan indikator struktur permodalan dan proteksi arus kas Perusahaan, atau jika Perusahaan gagal menyelesaikan pembangunan jalan tol dari entitas anak yang mayoritas sahamnya dimiliki, yang selanjutnya dapat menunda arus kas masuk dari pendapatan jalan tol dan rencana divestasi. Outlook peringkat WSTR dapat direvisi menjadi stabil mengikuti perubahan yang sama pada outlook peringkat WSKT.
Bergerak di industri jalan tol, PT Waskita Toll Road memiliki saham di 12 pengusahaan jalan tol, dengan pemegang saham per 30 September 2021 terdiri dari WSKT (87,6%), PT Taspen (Persero) (7,9%), dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (4,5%). (end)
Komentar
Posting Komentar