PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) otimistis menyambut tahun 2022. Bahkan, emiten manufaktur komponen otomotif ini menargetkan pertumbuhan kinerja hingga double digit atau sekitar 20% dibandingkan capaian di tahun 2021.
Optimisme ini seiring naiknya target penjualan mobil nasional oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) tahun 2022 dan kesiapan DRMA dalam memproduksi komponen, khususnya komponen yang sebelumnya belum dibuat oleh perusahaan.
Untuk tahun lalu, DRMA sukses mencetak penjualan hingga mencapai sekitar Rp 3 Triliun, naik lebih dari 50% dibandingkan capaian tahun sebelumnya.
Irianto Santoso, Presiden Direktur DRMA mengatakan, pihaknya optimis akan dapat meraih pertumbuhan penjualan dan laba bersih double digit untuk tahun ini. Target tersebut cukup realistis berdasarkan prospek pertumbuhan industri otomotif yang masih sangat besar dan terbuka.
Hal ini dari dilihat tingkat density kepemilikan mobil per-jumlah penduduk yang masih rendah serta dukungan pemerintah untuk membantu meningkatkan kembali industri otomotif seperti pemberlakuan kembali kebijakan PPnBM-DTP.
"Insentif ini akan menstimulasi pasar kendaraan bermotor dan memacu produsen-produsen otomotif untuk mengeluarkan model baru yang ujungnya akan berpengaruh terhadap permintaan komponen baru," ujar dia dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Selasa (25/1).
Untuk mencapai target tersebut, tahun ini DRMA menyiapkan dana capital expenditure (capex) atau belanja modal sekitar Rp 247 miliar untuk melakukan ekspansi pabrik dan membeli mesin-mesin baru yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan perusahaan dalam memproduksi komponen.
Selain itu, DRMA juga akan terus melakukan diversifikasi bisnis dengan pengembangan komponen Electric Vehicle (EV) dan produksi 3W atau kendaraan roda tiga (PowerAce).
“DRMA baru saja melakukan IPO pada akhir tahun lalu, di mana dana yang didapat akan mendukung strategi kami di tahun ini," imbuh Irianto.
Sebagian besar dana hasil IPO tersebut akan digunakan untuk membangun pabrik baru dan pembelian mesin-mesin untuk memproduksi komponen yang baru yang DRMA dapat dari para pelanggannya, baik untuk roda empat maupun roda dua.
Selain melakukan ekspansi pabrik, strategi DRMA lainnya adalah terus meningkatkan optimalisasi dan digitalisasi proses produksi dan keandalan di dalam operasi agar mampu bersaing di tingkat nasional maupun global.
Irianto menyebut, DRMA memiliki klien-klien dengan merek internasional mulai dari Daihatsu, Toyota, Honda, dan Hyundai yang sudah menerapkan system global purchasing. Itu artinya produk yang dihasilkan DRMA akan dibandingkan dengan supplier dari negara-negara lainnya, sehingga aspek QCD atau quality, cost and delivery akan sangat menentukan.
"Oleh karena itu, salah satu strategi kami adalah bagaimana menjaga konsistensi QCD serta terus meningkatkan teknologi, research, and development, dan engineer di mana hal tersebut akan menjadi kunci dari kesuksesan DRMA dalam memenangkan persaingan,” pungkas Irianto.
sumber : kontan
Lebih lengkapnya silahkan klik : Saham Online
Komentar
Posting Komentar