google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo PII DORONG PEMULIHAN EKONOMI MELALUI PENJAMINAN INFRASTRUKTUR. Langsung ke konten utama

PII DORONG PEMULIHAN EKONOMI MELALUI PENJAMINAN INFRASTRUKTUR.



PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) terus mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui percepatan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dengan memberikan penjaminan pemerintah kepada proyek-proyek infrastruktur tersebut.

Direktur Utama PII M Wahid Sutopo dalam keterangan di Jakarta, Rabu, mengatakan, Pemerintah Indonesia telah mempersiapkan beberapa strategi utama untuk menjaga pertumbuhan ekonomi menuju 2022, salah satunya adalah melanjutkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui pembangunan infrastruktur nasional tanpa membebani APBN.

Dari beberapa alternatif yang bisa dieksplorasi, skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk mengurangi tekanan pada APBN.

"Pandemi COVID-19 menjadi momentum bagi PT PII untuk melakukan transformasi baik pada optimalisasi potensi internal maupun ekosistem KPBU sebagai solusi sebagi pemerintah dalam menjawab pemenuhan kebutuhan infrastruktur masyarakat Indonesia," ujar Topo, panggilan akrabnya.

Skema KPBU telah sukses diimplementasikan untuk proyek-proyek infrastruktur di Indonesia karena telah didukung melalui berbagai alat fiskal salah satunya adalah penjaminan pemerintah melalui PII yang dapat mendukung bankability proyek dan memberikan kenyamanan untuk investor.

Topo menyampaikan, peran infrastruktur untuk penanganan pandemi COVID-19 semakin vital salah satunya adalah pada sektor jalan tol di mana infrastruktur jalan tol dapat mempercepat waktu tempuh logistik seperti penyediaan oksigen dari produsen di Jawa Barat dan Jawa Timur menuju ke daerah yang membutuhkan.

Selain itu, infrastruktur jalan tol yang didukung PII seperti Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) memberikan dampak positif meningkatkan aksesibilitas ke kawasan Rebana Jabar Utara dan mempercepat akses warga Bandung ke Bandara Kertajati. Jalan Tol Jakarta Cikampek Elevated & Japek II Selatan menjadi opsi akses memperlancar arus penumpang dan barang antara Jakarta dan kawasan industri disepanjang jalan.

Selain itu, PII sedang memproses dukungan penjaminan untuk Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap yang akan membuka bottleneck akses menuju Jawa Barat bagian Selatan (Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran dan Cilacap).

Peran infrastruktur lainnya adalah pada sektor telekomunikasi seperti pada proyek Palapa Ring yang didukung oleh PT PII yang sangat bermanfaat di tengah pandemi COVID-19 ini yaitu untuk kelancaran konektivitas belajar mengajar, pengembangan UMKM berbasis daring, serta kelancaran komunikasi jarak jauh.

Sampai dengan Desember 2021, PII telah memberikan penjaminan kepada total 37 proyek yaitu 29 proyek KPBU dan delapan proyek non-KPBU. Sebanyak 29 proyek KPBU terdiri dari enam sektor yaitu proyek sektor jalan yaitu 13 jalan tol (Batang - Semarang, Balikpapan - Samarinda, Pandaan - Malang, Manado - Bitung, Jalan tol layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed, Krian - Legundi - Bunder - Manyar, Cileunyi - Sumedang - Dawuan, Serang - Panimbang, Probolinggo - Banyuwangi dan Jakarta - Cikampek II Sisi Selatan, Semarang - Demak, Solo - Yogyakarta - Nyia Kulon Progo dan Yogyakarta - Bawen).

Selanjutnya ada tiga proyek sektor jalan non-tol (Jalan Lintas Timur Sumatera Selatan, Jalan Lintas Timur Riau dan Jembatan Callender Hammilton), empat proyek sektor telekomunikasi (Palapa Ring Paket Barat, Tengah dan Timur serta Satelit Multifungsi Pemerintah), satu proyek sektor ketenagalistrikan (PLTU Batang), enam proyek sektor air minum (SPAM Umbulan, SPAM Bandar Lampung, SPAM Semarang Barat, SPAM Pekanbaru, SPAM Jatiluhur I dan SPAM Kariyan - Serpong), dan dua proyek sektor transportasi (Kereta Api Makassar - Parepare dan Bandar Udara Labuan Bajo).

Sementara untuk delapan proyek non-KPBU yaitu Proyek Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Proyek Hydropower Program PT PLN (Persero), Proyek PLTP Patuha unit 2 dan Dieng 2, Proyek Pengembangan Jaringan Distribusi Kalimantan dan Maluku-Papua PT PLN (Persero) dan Proyek Pengembangan Jaringan Distribusi Sulawesi dan Nusa Tenggara PT PLN (Persero), Proyek Pengembangan Jaringan Distribusi Jawa Timur dan Bali PT PLN (Persero) serta Obligasi & Penjaminan Pinjaman PT Waskita Karya. (end/ant)

sumber : IQPLUS

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham BBRI, GGRM, DRMA dan ACST oleh RHB Sekuritas Indonesia | 26 Oktober 2023

RHB Sekuritas Indonesia 26 Oktober 2023 Muhammad Wafi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) Bank Rakyat Indonesia terlihat kembali melakukan rebound disertai volume dan menguji resistance garis MA20 sekaligus resistance bearish channel-nya. Jika mampu breakout resistance garis MA20 maka akan mengkonfirmasi sinyal reversal dari fase bearish untuk menguji resistance garis MA50. Rekomendasi: Buy area disekitar Rp 5.125 dengan target jual di Rp 5.325 hingga Rp 5.575. Cut loss di Rp 5.000. PT Gudang Garam Tbk (GGRM) Gudang Garam terlihat melakukan rebound dan breakout resistance garis MA50 disertai volume dan menguji resistance garis MA20. Jika mampu breakout resistance garis MA20 maka akan mengkonfirmasi sinyal breakout menuju fase bullish dan menguji level tertingginya di bulan Oktober 2023. Rekomendasi: Buy area disekitar Rp 24.800 dengan target jual di Rp 25.375 hingga Rp 26.650. Cut loss di Rp 24.525. PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) Dharma Polimetal terlihat melakukan rebound d...

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Can...

Rekomendasi Saham ERAA, PTBA, INCO dan ENRG oleh NH Korindo Sekuritas | 26 Oktober 2023

NH Korindo Sekuritas 26 Oktober 2023 IHSG KONSOLIDASI – SIDEWAYS / BEARISH Uji Resistance MA10 & MA20. POtensi konsolidasi berlanjut , balik ke Support level previous Low. Support : 6825-6800 / 6780-6745. Resistance : 6870-6890 / 6925-6950 / 7000-7050. ADVISE : WAIT & SEE ; Buy on Weakness Saham ERAA Break pattern channel – downtrend. Tembus Resistance MA10 & MA20. Advise Buy. Entry Level: 438-432 Average Up > 440-450 Target: 460 / 472 / 482 Stoploss: 418 Saham PTBA Uji Support dari level previous Low. RSI positive divergence. Uji Resistance MA10 & MA20. Advise Buy on Break. Entry Level: 2720-2730 Average Up >2780 Target: 2810-2850 / 3000. Stoploss: 2630 Saham INCO MA10 & MA20 sudah goldencross namun harga perlu mantap di atas kedua resistance tsb. Serta Uji Resistance MA50. Advise Speculative Buy. Entry Level: 5525 Average Up >5625. Target : 5800-5900 / 6000 / 6300 Stoploss: 5475. Saham ENRG Uji Support minor dari level previous Low. RSI positive divergen...