Pendapatan pra penjualan alias marketing sales PT Ciputra Development Tbk (CTRA) di sembilan bulan pertama 2020 masih sesuai target. Buktinya, hingga September, marketing sales perusahaan properti ini tercatat capai Rp 3,8 triliun.
Analis Sucor Sekuritas Joey Faustian pun memprediksi, CTRA bisa mencapai bahkan melewati target marketing sales yang dipatok di level Rp 4,5 triliun. Ini didukung oleh launching produk segmen menengah-bawah di kuartal IV-2020.
Proyek tersebut antara lain Citra Raya Maja di kisaran Rp 240 juta - Rp 400 juta, Citra Tallasa City Makassar di kisaran harga Rp 1 miliar - Rp 1,2 miliar, Citra Raya Tangeran di kisaran harga Rp 1 miliar - Rp 1,2 miliar dan Citra Sentul Raya di kisaran harga Rp 800 juta - Rp 3 miliar.
"Fundamental saham CTRA juga sangat baik, di mana gearing cukup rendah dibanding peers disertai diversifikasi geografis yang cukup baik yaitu Jabodebek 43%, Surabaya 15%, Sumatra 17%, di luar Jawa 16% dan lain-lain 9%," jelas Joey, Selasa (13/10).
Adapun gearing CTRA per semester I-2020 tercatat 54% dengan net gearing 32%. Rata-rata gearing peers berada di kisaran 43%.
Dari segi valuasi, saham CTRA cukup murah di kisaran 0,7x price book value (PBV) dan 83% diskon terhadap kalkulasi net asset value (NAV) dekat dengan -2 standard deviasi 5 tahun.
"Oleh karena itu masih direkomendasikan beli dengan target harga Rp 1.000 per lembar untuk saham CTRA," pungkas Joey.
Sumber: KONTAN
Komentar
Posting Komentar