IQPlus, (15/11) - PT Suparma Tbk (SPMA) kembali belanja modal (capital expenditure) sebesar US$ 32.1 juta selama dua tahun. Dana tersebut digunakan untuk membeli mesin baru (PM 10). Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas produksi kertas tissue yang pasarnya semakin membesar.
Menurut Hendro Luhur, Direktur Perseroan, dalam beberapa tahun ini permintaan kertas tissue semakin meningkat. Hal imbas dari makin menajmurnya bisnis food and beverage (F&B) terutama di Jawa Timur.
"Demandnya terus bertumbuh signifikan. Sementara kapasitas yang ada sekarang masih kualahan. Sehingga kami merasa perlu untuk menambah kapasitas produksi kertas tissue," ujar Hendro Luhur Kamis (14/11) usai public expose di kantornya.
Dikatakan, selama produksi kertas tissue perseroan menggunakan mesin no 1,2 dan 3 atau PM 1,2 dan 3. Mesin-mesin tersebut sebelumnya digunakan untuk memproduksi kertas laminasi atau kertas bungkus.
Sementara trend pasarnya terus meningkat. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan sektor bisnis hotel, resto dan café (horeca) yang merupakan target market kertas tissue milik perseroan. Sehingga kebutuhan mesin baru untuk meningkatkan produksi harus segera dilakukan.
"Sekarang sudah proses pemesanan. Kami sudah beri DP US$7,2 juta. Kami harapkan April tahun 2020 mesin akan tiba disini (pabrk)," tambah Hendro.
Dia mengaku, mesin yang memiliki kapasitas produksi 54.000 metric ton per tahun tersebut akan mulai trial pada Agustus 2020. Dan diharapkan pada akhir Oktober 2020 sudah mulai bisa produksi komersial.
"M 10 100 persen akan memproduksi kertas tissue. Sekitar 42 pesen akan kami lempar ke pasar ekspor dan sisanya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik," tandas Hendro.
Selain itu, perseroan juga melakukan langkah strategis lainya dimana bahan baku plastic untuk produk kertas laminasi diganti menggunakan oxium. Bahan baku ini selain lebih murah karena produksi nasional, juga lebih ramah lingkungan. Sehingga proses penghancuran sampahnya tidak perlu menunggu waktu ratusan tahun seperti sampah plastic.
Soal kinerja perseroan tahun 2019, Hendro mengaku optimis akan tercapai. Dari target penjualan Rp 2,5 triliun, hingga Oktober 2019, perncapainnya sudah menembus 80 persen. Pihaknya akan memaksimalkan sisa dua bulan untuk meningkatkan penjualannya sehingga target akan tercapai 100 persen pada akhir tahun nanti.
"Kami yakin target akan tercapai. Masih ada waktu dua bulan yang bisa kami maksimal. Dari total penjualan kami, kontribusi terbesar dari kertas duplex 40 persen. Kemudian disusul kertas laminasi 35 persen dan kertas tissue 25 persen. Namun melihat potensi pasar kertas tissue yang cukup besar, kedepan porsinya akan semakin meningkat," kata Hendro Luhur meyakinkan. (end/ahd)
Komentar
Posting Komentar