google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Saham GIAA | Fairly priced amid good performance Langsung ke konten utama

Analisa Saham GIAA | Fairly priced amid good performance


GIAA: Fairly priced amid good performance

Pendapatan GIAA di 2Q19 tercatat di USD1,1 miliar (-0,5% QoQ, +7,7% YoY) didorong oleh pertumbuhan scheduled airline. Pencapaian ini membawa pendapatan 1H19 ke USD2,2 juta (+9,7% YoY), in-line (PANS, 47,3%, Kons: 45,3%, Rerata 5 tahun: 47,1%), yang didorong peningkatan passenger yield. Jumlah penumpang turun namun diestimasi adanya demand normalization di 2H19. Penyesuaian kapasitas masih berlangsung terlihat dari penurunan ASK yang berdampak penurunan konsumsi avtur sehingga biaya bahan bakar turun walau harga tercatat naik. Laba 2Q19 tercatat di USD3,6 juta (2Q18: rugi -USD52 juta) sehingga laba bersih di 1H19 tercatat USD24 juta (1H18: rugi -USD117 juta), dibawah estimasi (PANS: 39,5%, Kons: 34,2%) disebabkan forex loss dan kenaikan effective tax rate. Namun secara tahunan performa baik didorong: 1) kenaikan marjin laba operasi, dan 2) penurunan beban usaha seiring penurunan beban operasional penerbangan. Kami menurunkan rekomendasi ke HOLD, namun menaikkan target harga ke Rp480, setara 10% premium ke regional peers (implied PB 1,06x) didorong: 1) estimasi normalisasi demand, 2) stabilnya passenger yield, 3) cost efficiency, 4) momentum pendapatan tambahan dari penerbangan haji, dan 5) tingkat utang yang membaik. Namun dari sisi valuasi saat ini sudah fully priced-in.

Pendapatan naik diatas estimasi. GIAA mencatatkan pendapatan di 2Q19 di USD1,1 miliar (-0,5% QoQ, +7,7% YoY) dimana kenaikan ini didukung kenaikan dari segmen scheduled airline di USD930 juta (+0,6% QoQ, +6,3% YoY) serta pendapatan lainnya di USD162 juta (-5,5% QoQ, +26,9% YoY) seiring pertumbuhan segmen pemeliharaan & perbaikan di USD63 juta (+5,4% QoQ, +31,8% YoY) serta pelayanan penerbangan di USD25 juta (+4,9% QoQ, +15,7% YoY). Sejalan dengan pertumbuhan di 2Q19, GIAA mencatatkan pendapatan di 1H19 sebesar USD2,2 juta (+9,7% YoY), in-line dengan estimasi (PANS, 47,3%, Kons: 45,3%, Rata-rata 5 tahun: 47,1%).

Kenaikan pendapatan didukung oleh peningkatan kinerja operasional dimana rerata passenger yield untuk Grup Garuda per 2Q19 naik di USC8,41 (+10,4% QoQ, +31,4% YoY), sejalan dengan kenaikan passenger yield dari Garuda Domestik di USC11,2 (+3,2% QoQ, +43,6% YoY) dan Citilink di USC8,8 (+19,1% QoQ, +72,6% YoY). Garuda Internasional juga mencatatkan kenaikan passenger yield di 2Q19 sebesar USC6,34 (+7,8% QoQ, +4,8% YoY). Pencapaian ini membawa rerata passenger yield Grup Garuda per 1H19 di USC8,0 (+25,4% YoY). Namun, dari sisi passenger carried Garuda Grup di 2Q19 turun ke 7,4 juta penumpang (-4,1% QoQ, -25,0% YoY) sejalan dengan penurunan di Citilink di 2,7 juta penumpang (-12,0% QoQ, -29,4% YoY) dan Garuda Domestik di 3,6 juta penumpang (+4,7% QoQ, -24,8% YoY). Jumlah penumpang Garuda Grup di 1H19 turun ke 15,1 juta penumpang (-19,0% YoY). Kedepan, kami estimasi penurunan penumpang lebih minim seiring efek price shock yang melemah. Patut diketahui, di 2H19 GIAA akan mendapatkan pendapatan penerbangan Haji yang diestimasi sebesar USD216 juta.

CASK tercatat naik, namun konsumsi avtur turun. CASK Grup Garuda mengalami kenaikan di 2Q19 di USC6,5 (+5,4% QoQ, +9,8% YoY) didorong rerata harga avtur yang lebih tinggi. Namun, penggunaan avtur tercatat turun ke 473 juta liter (-3,5% QoQ, -15,8% YoY) di 2Q19 didorong penyesuaian kapasitas dimana GIAA melakukan perampingan frekuensi penerbangan yang terlihat dari penurunan ASK di 14,5 miliar (-4,1% QoQ, -10,1% YoY). Penurunan konsumsi avtur berdampak pada penurunan biaya bahan bakar di USD296 juta (+3,4% QoQ, -8,6% YoY) di 2Q19. Cost efficiency dan peningkatan yield mendorong laba operasi di 1H19 yang tercatat di USD82 juta (1H18: rugi –USD108 juta), diatas estimasi (PANS: 60,3%, Kons: 54,4%).

Bottom-line tercatat positif, sedikit dibawah estimasi. Laba GIAA di 2Q19 tercatat di USD3,6 juta (2Q18: rugi -USD52 juta) yang membawa laba bersih di 1H19 ke USD24 juta (1H18: rugi -USD117 juta), dibawah estimasi (PANS: 39,5%, Kons: 34,2%). Laba yang dibawah estimasi ini disebabkan oleh forex loss di 1H19 sebesar USD16 juta (1H18: untung USD31 juta) dan kenaikan effective tax rate per 1H19 di 43,0% (1H18: 21,7%). Namun, secara tahunan performa GIAA di 2Q19 masih membaik didorong: 1) kenaikan marjin laba operasi di 3,0% (2Q18: -4,1%) sejalan peningkatan passenger dan cargo yield, 2) penurunan beban usaha ke USD1,1 milyar (+0,7% QoQ, -2,8% YoY) seiring dengan penurunan beban operasional penerbangan ke USD616 juta (-0,3% QoQ, -4,9% YoY) utamanya atas penurunan beban bahan bakar. Untuk diketahui, tingkat utang GIAA mencatatkan perbaikan dengan net gearing berada dilevel 1,54x (1H18: 1,85x).

Menurunkan rekomendasi ke HOLD, namun menaikkan target harga ke Rp480 atau setara dengan 10% premium ke regional peers (implied PB 1,06x) didorong oleh: 1) estimasi normalisasi demand terhadap transportasi udara, 2) stabilnya passenger yield, 3) cost efficiency yang sejalan dengan penyesuaian kapasitas dari frekuensi penerbangan, 4) momentum pendapatan tambahan dari penerbangan haji, dan 5) tingkat utang yang membaik. Namun dari sisi valuasi saat ini sudah fully priced-in.

Best Regards,
Panin Sekuritas

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Rekomendasi Saham BBRI, GGRM, DRMA dan ACST oleh RHB Sekuritas Indonesia | 26 Oktober 2023

RHB Sekuritas Indonesia 26 Oktober 2023 Muhammad Wafi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) Bank Rakyat Indonesia terlihat kembali melakukan rebound disertai volume dan menguji resistance garis MA20 sekaligus resistance bearish channel-nya. Jika mampu breakout resistance garis MA20 maka akan mengkonfirmasi sinyal reversal dari fase bearish untuk menguji resistance garis MA50. Rekomendasi: Buy area disekitar Rp 5.125 dengan target jual di Rp 5.325 hingga Rp 5.575. Cut loss di Rp 5.000. PT Gudang Garam Tbk (GGRM) Gudang Garam terlihat melakukan rebound dan breakout resistance garis MA50 disertai volume dan menguji resistance garis MA20. Jika mampu breakout resistance garis MA20 maka akan mengkonfirmasi sinyal breakout menuju fase bullish dan menguji level tertingginya di bulan Oktober 2023. Rekomendasi: Buy area disekitar Rp 24.800 dengan target jual di Rp 25.375 hingga Rp 26.650. Cut loss di Rp 24.525. PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) Dharma Polimetal terlihat melakukan rebound d