google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Saham ACST | Proyek Infrastruktur Jadi Tumpuan Acset Indonusa (ACST) Tahun Ini Langsung ke konten utama

Saham ACST | Proyek Infrastruktur Jadi Tumpuan Acset Indonusa (ACST) Tahun Ini

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah proyek infrastruktur yang didapatkan dan masih dalam negosiasi kontrak bakal menjadi tumpuan untuk kinerja PT Acset Indonusa Tbk. pada 2019.

Presiden Direktur Acset Indonusa Jeffrey Gunadi Chandrawijaya mengatakan bahwa target kontrak senilai Rp15 triliun pada 2019 akan dikontribusikan paling banyak atas pengerjaan proyek infrastruktur.

Dia mengatakan bahwa emiten berkode saham ACST tersebut hanya akan mengejar kontrak yang sesuai dengan kemampuan yang dapat dilakukan perseroan untuk mengerjakan suatu proyek.

Hal tersebut sebagai mitigasi risiko kegagalan pengerjaan proyek yang dapat menimbulkan kerugian lebih besar dibandingkan nilai kontrak yang diraih oleh perseroan.

Adapun, pada tahun ini, Jeffrey menjelaskan bahwa kebanyakan kontrak yang didapat dan yang akan diikuti tendernya oleh perseroan merupakan kontrak-kontrak yang mundur dari 2018.

Pada kuartal I/2019, Jeffrey mengungkapkan bahwa nilai kontrak yang didapatkan perseroan masih belum terlalu besar.

“Yang kami targetkan masih belum mulai tendernya, sehingga yang kami dapat kemarin merupakan sebagian kecil dari keseluruhan,” ujarnya di Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Adapun, emiten berkode saham ACST itu sedang mengincar untuk pengerjaan proyek jalan tol layang Cikunir—Ulujami. Tol tersebut akan diprakarsai oleh konsorsium PT Nusantara Infrastructure Tbk. (META), PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Acset Indonusa Tbk (ACST), dan PT Triputra Utama Selaras. Jalan tol yang masuk dalam jaringan Jakarta Outer Ring Road III diperkirakan akan menelan investasi Rp 22,5 triliun.

Sebagai salah satu strategi, Jeffrey menyebut perseroan masuk sebagai investor dengan kepemilikan saham minoritas. Hal itu menjadi strategi perseroan untuk mendapatkan kesempatan lebih dari sisi kontraktor.

“Elevated tol kami lebih suka, karena tidak ada masalah pembebasan lahan dan secara konstruksi lebih besar nilainya,” katanya.

Selain proyek jalan tol, ACST sedang mengincar kontrak untuk pengerjaan proyek pembangkit listrik. Jeffrey menilai proyek pembangunan pembangkit listrik masih sangat potensial.

Pada tahun ini, kata Jeffrey, perseroan sedang membidik satu tender untuk pengerjaan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

“Powerplant masih tender, biasanya pasti nilainya diatas Rp1 triliun, kalau sipil [konstruksi] itu biasanya [porsinya] bisa 30%—40%, karena sisanya mesin,” jelasnya.

Untuk pengerjaan PLTU, lanjut Jeffrey menjelaskan, ACST telah mengerjakan proyek supporting di PLTU Jawa I. Meskipun belum berkontribusi besar, menurutnya kontrak tersebut merupakan kontrak jangka panjang.

Selain itu, pengerjaan proyek tersebut sebagai salah satu langkah penjajakan ACST dalam pengerjaan proyek-proyek pembangkit listrik.

“Karena kita percaya masih banyak proyek powerplant yang akan dibangun.”

Dari sisi pendanaan, ACST memiliki sejumlah mitra finansial yang bersedia menyediakan sumber pendanaan untuk berbagai proyek yang dikerjakan perseroan.

Dari sumber tersebut, perseroan mengantongi dana cadangan sebesar lebih dari Rp5 triliun.

“Sekarang sama beberapa bank kalau target kontraknya Rp15 triliun, jadi kita butuh pendanaan yang lebih besar,” pungkasnya.

Pada 2019, ACST menganggarkan belanja modal senilai Rp140 miliar, lebih kecil dibandingkan belanja modal tahun sebelumnya yakni Rp270 miliar. Dana tersebut akan digunakan perseroan untuk modal pembelian alat untuk pengerjaan sejumlah proyek.

Di lain pihak, Kepala Riset Narada Asset Management Kiswoyo Adi Joe mengatakan bahwa proyek infrastuktur dinilai masih potensial, akan tetapi proyek infrastruktur tidak memberikan margin profit yang tidak terlalu tebal.

Namun dengan adanya sejumlah kontrak yang tertunda pada 2018, hal tersebut berpotensi untuk mempertebal raihan kontrak dan pendapatan ACST pada 2019. Adapun, total pendapatan ACST yang berhasil dikantongi pada 2018 yakni Rp3,7 triliun.

“Tahun ini net profitnya diperkirakan bisa loncat, kalau dilihat historisnya, ACST seperti itu,” ujarnya kepada Bisnis.com, Rabu (10/4/2019).

Untuk sisi pendanaan, sebagai salah satu entitas usaha dari konglomerasi Astra International menjadi nilai tambah untuk ACST mendapatkan sumber pendanaan melalui perbankan.

Dengan demikian, dari sisi fundamental keuangan, ACST dinilai tidak memiliki permasalahan akan hal tersebut.

“Induknya United Tractors bisa menyokong atau bahkan Astranya,” jelasnya.

Kiswoyo menilai saham ACST layak untuk dibeli, karena dibandingkan dengan emiten konstruksi lainnya, harga saham ACST masih terbilang murah dan memiliki fundamental yang baik.

“Ada potensi naik 30% kalau dilihat dari harga sahamnya, dengan target harga Rp2.000,” pungkasnya.


Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham BBRI, GGRM, DRMA dan ACST oleh RHB Sekuritas Indonesia | 26 Oktober 2023

RHB Sekuritas Indonesia 26 Oktober 2023 Muhammad Wafi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) Bank Rakyat Indonesia terlihat kembali melakukan rebound disertai volume dan menguji resistance garis MA20 sekaligus resistance bearish channel-nya. Jika mampu breakout resistance garis MA20 maka akan mengkonfirmasi sinyal reversal dari fase bearish untuk menguji resistance garis MA50. Rekomendasi: Buy area disekitar Rp 5.125 dengan target jual di Rp 5.325 hingga Rp 5.575. Cut loss di Rp 5.000. PT Gudang Garam Tbk (GGRM) Gudang Garam terlihat melakukan rebound dan breakout resistance garis MA50 disertai volume dan menguji resistance garis MA20. Jika mampu breakout resistance garis MA20 maka akan mengkonfirmasi sinyal breakout menuju fase bullish dan menguji level tertingginya di bulan Oktober 2023. Rekomendasi: Buy area disekitar Rp 24.800 dengan target jual di Rp 25.375 hingga Rp 26.650. Cut loss di Rp 24.525. PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) Dharma Polimetal terlihat melakukan rebound d...

PT Visi Telekomunikasi Infrastruktur Tbk (GOLD) Catat Pendapatan Rp35,64 Miliar Hingga September 2022

PT Visi Telekomunikasi Infrastruktur Tbk (GOLD) mencatat pendapatan Rp35,64 miliar hingga periode 30 September 2022 naik dari pendapatan Rp32,97 miliar di periode yang sama tahun sebelumnya. Laporan keuangan perseroan Rabu menyebutkan, beban pokok pendapatan naik menjadi Rp13,29 miliar dari Rp11,91 miliar dan laba kotor naik menjadi Rp22,34 miliar dari laba kotor Rp21,06 miliar tahun sebelumnya. Beban usaha naik menjadi Rp7,58 miliar dari Rp6,90 miliar membuat laba operasi naik tipis menjadi Rp14,76 miliar dari laba operasi Rp14,16 miliar tahun sebelumnya. Laba sebelum pajak menjadi Rp13,93 miliar naik dari laba sebelum pajak Rp13,17 miliar dan laba bersih yang diatribusikan ke pemilik entitas induk mencapai Rp13,14 miliar naik dari laba bersih Rp12,24 miliar tahun sebelumnya. Jumlah liabilitas mencapai Rp41,41 miliar hingga periode 30 September 2022 naik dari jumlah liabilitas Rp34,44 miliar hingga periode 31 Desember 2021 dan jumlah aset mencapai Rp394,69 miliar hingga periode 30 Se...

Money Flow Index | Penggunaan dan Setting Indikator MFI

Apa itu Money Flow Index (MFI)? Money Flow Index (MFI) adalah osilator teknis yang menggunakan harga dan volume untuk mengidentifikasi kondisi jenuh beli atau jenuh jual dalam aset. Hal ini juga dapat digunakan untuk melihat divergensi yang memperingatkan perubahan tren harga. Osilator bergerak antara 0 dan 100. Tidak seperti osilator konvensional seperti Relative Strength Index (RSI) , Money Flow Index menggabungkan data harga dan volume, sebagai lawan dari harga yang adil. Untuk alasan ini, beberapa analis menyebut MFI sebagai "the volume-weighted RSI". Money Flow Index pada Indonesia Composite Kunci dalam Memahami Indikator MFI Indikator biasanya dihitung menggunakan 14 periode data. Pembacaan MFI di atas 80 dianggap overbought dan pembacaan MFI di bawah 20 dianggap oversold. Overbought dan oversold tidak selalu berarti harga akan berbalik, hanya saja harga mendekati tinggi atau rendah dari kisaran harga terbaru. Pembuat indeks, Gene Quong dan Avru...