Analisa Saham CTRA
Indo Premier on Ciputra Development (CTRA) 02/06/2018
Challenging property market
- CTRA membukukan penjualan pemasaran sebesar Rp796 miliar pada 12M17 dari peluncuran tiga proyek di Batam, Maja, dan Yogyakarta. Pencapaian ini menghasilkan total penjualan pemasaran CTRA menjadi Rp7,65tn (+ 9% yoy) pada TA17, meningkat menjadi 98/90% dari target FY17 perusahaan sebesar Rp7,8 / 8.5tn. CTRA menyatakan penjualan pemasaran FY17 dibantu oleh penjualan satu unit di blok apartemen layanan Ciputra World Jakarta 2 ke Ascott senilai Rp675 miliar. Selama FY17, lahan perumahan yang masih menjadi kontributor utama marketing sales, menyumbang 75% dari total, sementara 25% lainnya disumbang dari proyek bertingkat tinggi, yang hanya tersedia di Jakarta dan Surabaya.
- Perusahaan yakin FY18 akan menjadi tahun yang penuh tantangan dan mengharapkan pertumbuhan rata-rata 0-5%. Namun, perusahaan menargetkan pendapatan FY18 tumbuh 15-20% karena beberapa penjualan di FY17 akan diakui pada TA18. Perusahaan berencana meluncurkan tiga rumah sakit baru di Cibubur, Surabaya dan Makassar untuk meningkatkan porsi pendapatan rutin. Sampai dengan bulan Januari 2018, CTRA memiliki 1.300 hektare landbank yang tersebar di seluruh Indonesia.
- Valuasi: HOLD dengan TP Rp1,355
Komentar
Posting Komentar