Mirae Asset Sekuritas Indonesia on Media: The show must go on by Christine Natasya (natasya@miraeasset.co.id)
- Pada bulan September, meskipun audience share prime-time menurun, SCMA membukukan kenaikan audience share terbanyak sebesar 90bps MoM, diikuti grup Trans, yang mencatat kenaikan tertinggi kedua sebesar 60bps MoM (didukung oleh Trans dan Trans 7).
- Meskipun all-time audience share SCMA dan Trans grup naik signifikan, grup MNC masih terus menjadi pemimpin dalam audience share all time dan prime-time karena memiliki mayoritas channel FTA TV. Selain itu, RCTI juga selalu membukukan audience share tertinggi di jam prime time.
- Di sisi lain, ANTV (VIVA/Not-Rated) masih berada pada all-time audience share tertinggi pada 16.3% (meskipun turun 1.3%p dari bulan sebelumnya), didukung oleh audience share yang tinggi pada prime-time dan non-prime time. Namun, pertumbuhan audience share prime-time ANTV hanya flat sebesar 16% secara MoM, berada pada posisi kedua setelah RCTI.
- Meskipun kompetisi semakin ketat di industri TV, kami tetap mempertahankan overweight rating di sektor ini karena kami yakin ada upside risk yang lebih besar karena: 1) pre-pemilu tahun depan akan meningkatkan purchasing power konsumen sehingga belanja iklan perusahaan FMCG diharapkan akan meningkat juga, 2) harga saham media sektor sudah underperform dibandingkan IHSG, 3) MNCN mampu mempertahankan audience share yang tinggi, 4) SCMA ditradingkan pada P/E 2017F sebesar 19x, telah berada pada standar deviasi -2, dan 5) kenaikan rating audience share akan memungkinkan pemulihan harga saham perusahaan media .
Komentar
Posting Komentar