PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), dinilai masih mampu menghadapi persaingan usaha ditengah maraknya bisnis pada industri e-commerce, lantaran gerai-gerai yang terdiversifikasi.
Hal tersebut sebagaimana dikemukakan oleh Analis Pefindo, Emanuel Paco Tan di Jakarta, Selasa.
"Karena barang dari MAPI kebanyakan produk fashion dan sport. Dimana customer masih ingin datang langsung ke gerai melihat dan mencoba produknya, ini tidak bisa dimulai oleh e-commerce," tambah dia.
Emanuel juga mengatakan, meski mendapat cukup banyak tantangan namun gerak bisnis perusahaan masih bakal mumpuni. Mengingat fokus perseroan tak hanya pada produk fashion semata, namun juga mendapatkan kontribusi lainnya dari bisnis ritel pada portofolio food and beverage.
"Misalnya dari sisi food and beveragenya ada beberapa brand yang ditawarkan, online di Indonesia enggak semua ada," sebut dia.
Sementara itu, dengan peringkat idAA- untuk Mitra Adiperkasa dan Obligasi Berkelanjutan I/2012-2014 yang diterbitkan perseroan. Meskipun memang peringkat itu masih mencerminkan posisi pasar MAPI yang kuat dalam industri ritel modern.
Akan tetapi, peringkat dibatasi oleh struktur permodalan yang moderat disebabkan oleh besarnya belanja modal perusahaan dan tingkat persaingan ketat ditengah terbatasnya lahan bisnis tersedia di kota besar.
"Peringkat dapat dinaikkan jika perseroan dapat meningkatkan marjin profitabilitas dan menurunkan leverage keuangannya secara berkelanjutan," pungkas dia. (end/fu)
IQPLUS
Komentar
Posting Komentar