Meneropong Sektor Konstruksi: Pilih WSKT, PTPP, ADHI Atau WIKA?
Bisnis.com, JAKARTA - Kinerja emiten sektor konstruksi dinilai masih prospektif terutama dengan potensi proyek baru yang dikantongi sejumlah emiten, khususnya pelat merah yakni WIKA, WSKT, ADHI dan PTPP.
Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Franky Rivan dalam risetnya bertajuk Construction (Overweight): Toll road frenzy mengungkapkan, proyek jalan tol tetap menjadi kontributor utama bagi pencapaian kontrak baru kontraktor sejauh ini di 2017. Pada 4M17 (Jan-April 2017), kontraktor secara kumulatif membukukan kontrak baru sebesar Rp68,3 triliun.
Menurutnya, Factoring-out proyek LRT Jabodebek ADHI, pembukuan kontrak baru tersebut mencapai Rp44,3 triliun (+72,4% YoY). Dari angka ini, c. Rp24 triliun berasal dari kontrak proyek jalan tol, yang mewakili sekitar 55% terhadap total kontrak baru.
Kami lihat penyumbang nilai kontrak jalan tol terbesar ada di proyek Jakarta-Cikampek II elevated (WSKT) dan Cileunyi-Sumedang-Dawuan (PTPP). Dari 2016 sampai sekarang, c.877km proyek jalan tol dengan nilai investasi c.Rp114 triliun telah dalam proses konstruksi dan pembebasan lahan.
Pada 2018-2019, angka ini diperkirakan akan meningkat sebesar 118%, dengan kontrak jalan tol baru sepanjang c.1,134 dengan investasi senilai c. Rp249 triliun. Dengan ini, kami memperkirakan proyek jalan tol akan terus mendominasi pencapaian kontrak baru kontraktor di masa depan.
Dua masalah utama kontraktor yang berpartisipasi dalam konstruksi jalan tol adalah: 1) kebutuhan modal yang cukup besar dan 2) rintangan dalam pembebasan lahan.
Perlu dicatat bahwa karena kekurangan anggaran pemerintah dan persaingan yang ketat dalam memenangkan tender, mayoritas kontraktor terdorong untuk menyuntikkan modal ke dalam proyek, yang secara otomatis akan memenangkan pekerjaan konstruksinya (yang dirasa lebih baik daripada menahan modalnya, namun tidak menjamin dapat memenangkan kontrak).
Karenanya, kami percaya bahwa kemampuan kontraktor untuk meningkatkan modalnya akan mengekspos perusahaan ke sejumlah proyek jalan tol potensial yang lebih besar.
Sehubungan dengan hal ini, WIKA tetap top-pick kami di sektor konstruksi, mengingat rasio leverage yang rendah (1Q17: 0.2x net cash, 0.5x debt to equity), yang menurut kami akan memungkinkan perusahaan untuk mempercepat eksposurnya terhadap proyek jalan tol baru yang besar.
Komentar
Posting Komentar