NPG DINILAI EFISIENKAN BIAYA PERBANKAN
IQPlus, (22/05) - Perbankan menyatakan siap mengimplementasikan sistem National Payment Gateway (NPG) guna meningkatkan pelayanan kepada para nasabah. Bahkan, sistem ini dinilai mempermudah dan mengefisienkan biaya yang harus dikeluarkan oleh bank untuk memproses transaksi pembayarannya dengan sistem elektronik.
Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, selama ini biaya yang dikeluarkan oleh bank cukup mahal. Misalnya saja untuk menggunakan layanan kartu debit/kredit yang difasilitasi menggunakan layanan internasional Visa dan MasterCard.
"Kita pakai kartu kita milik bank nasional saat belanja di pusat belanja di Indonesia, tapi uangnya lari ke Amerika Serikat dulu. Dan ada fee-nya," ujar Rohan, Minggu.
Dengan adanya kepemilikan sistem di dalam negeri maka biaya yang akan dikeluarkan semakin sedikit. Bahkan penghematan biaya, kata Rohan, bisa turun antara 10 hingga 15 persen dari yang selama ini dibayarkan oleh bank nasional kepada penyedia jasa dari luar negeri.
NPG merupakan sistem yang memproses transaksi pembayaran melalui berbagai instrumen (seperti kartu ATM/debit, uang elektronik, dan kartu kredit) secara elektronik. Dengan teknologi ini, NPG diharapkan dapat mengatasi sistem pembayaran di Indonesia.
Dengan adanya NPG, masyarakat dapat melaksanakan transaksi nontunai dalam negeri dari bank manapun, menggunakan instrumen dan saluran apa pun secara efisien. (end/ba)
Komentar
Posting Komentar