google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Arti Window Dressing dalam Saham Langsung ke konten utama

Arti Window Dressing dalam Saham

Pada kesempatan kali ini kita membahas tentang arti window dressing dalam saham. Di dalam artikel ini kami mencoba menyampaikan informasi lengkap tentang arti window dressing dalam saham. Kami telah menyusun artikel kali ini dengan seksama. Harapannya melalui artikel ini mampu memahamkan kita semua tentang arti window dressing dalam saham dengan baik.

Arti Window Dressing dalam Saham

Arti Window Dressing dalam Saham
Berdasakan keterangan yang didapatkan dari kamus Dictionary of Finance and Invesment Terms, Frasa "Window Dressing" ini dikatakan dalam bahasa Inggris adalah trading activity near the end of a quarter or end of year that is designed to dress up a Portfolio to be presented to clients or share holders. Maka jika kita melihat definisi yang termaktu itu bisa kita analogkan bahwa kegiatan window dressing sebenarnya tidak harus hanya menaikkan nilai harga saham pada pasar sekunder saja, akan tetapi juga bisa dengan melakukan perubahan terhadap saham yang dimiliki. Pada intinya, window dressing ini merupakan sebuah upaya untuk mempercantik portfolio yang ada.

Ketika melakukan upaya mempercantik portfolio yang dipunyai ini, ada hal-hal yang sudah biasa menjadi alasan atau pertimbangan yang digunakan oleh pihak-pihak yang akan hendak melaksanakan window dressing tersebut, antara lain sebagai berikut:

Kinerja periode atau tahun berjalan

Nilai harga saham, sebenarnya, tidak mungkin dapat lepas dari hubungannya dengan kinerja fundamental sebuah emiten saham yang terkait dan terhadap para kompetitor perusahaannya atau bahkan pasar modal jika dilihat secara keseluruhan. Oleh karena itu, apabila kinerja sebuah perusahaan sedang bagus dan kemungkinan ke depan masih akan bagus atau bahkan lebih bagus, maka kegiatan untuk melakukan aktifitas dalam rangka menaikkan nilai harga saham ini sering sekali dilakukan. Akan tetapi, apabila kinerja emiten tersebut sedang jelek atau pasar modal secara umum juga sedang mengalami penurunan, maka mendiamkan atau bahkan dengan segaja melakukan penurunan harga saham juga kadang harus dilakukan. Jadi pada intinya adalah bagaimana satu pihak yang mempunyai kepentingan dapat meyakinan pihak lain bahwa nilai harga saham yang mereka miliki adalah tepat, sesuai dengan kinerja secara khusus dan kondisi pasar secara umum.

Masa Depan

Oleh karena pasar saham ini tidak bisa dilepaskan dari pengaruh persepsi, maka mempunyai portolifo yang sesuai dengan persepsi masyarakat secara umum merupakan sebuah kebenaran. Oleh karena itu, mungkin saja ada banyak pihak-pihak yang jelas-jelasdengan penuh kesadaran sengaja melakukan penukaran saham yang ditengarai akan semakin baik di masa datang akan lebih menghasilkan keuntungan. Menggunakan kegiatan semacam ini maka beberapa saham yang dipunya bisa disajikan dengan lebih baik dan terihat telah sesuai dengan persepsi yang dianggap benar pada saat itu.

Mark Down atau Mark Up.

Ini adalah sebuah kegiatan yang dengan sengaja melaksanakan pembelian pada jumlah yang besar atau melaksanakan kegiatan jual beli seolah-oleh terdapat proses pembelian dalam jumlah yang besar, agar nilai harga saham naik menuju level yang diharapkan ( mark up ) atau dengan penuh kesadaran sengaja melaksanakan aktifitas penjualan secara besar atau melaksanakan kegiatan jual beli seolah-olah terdapat penjualan dengan jumlah yang besar, agar saham tersebut turun menuju level yang diharapkan ( mark down ). Alasan kenapa terdapat pihak yang melaksanakan mark up adalah agar nilai harga saham atau portfolio yang mereka miliki terlihat lebih bagus, yang dengan kata lain, ini memberikan keuntungan yang tentunya dia harapkan. Kemudian, kenapa harus ada mark down, alasannya adalah agar portfolio yang dipunya bisa disajikan dengan harga rendah dengan cara sekaligus melaksanakan realokasi profits yang tentunya telah terealisasi, agar ke depannya nanti potensi keuntungan bisa menjadi lebih besar.

Yang kami sebutkan di atas adalah tiga kemungkinan alasan. Dan mungkin bisa jadi masih terdapat alasan lainnya, yang memaksa kegiatan window dressing akan selalu terdapat di pasar saham. Kegiatan ini tidaklah kegiatanyang dilarang BEI atau OJK, selama pihak yang berusaha untuk tidak melanggar beberapa aturan yang berlaku. Kita sebaiknya memperhatikan kegiatan ini di pasar, apabila dilaksanakan sesuai dengan kondisi pasar dan kinerja serta pada nilai harga saham yang wajar, maka sebenarnya kita bisa saja cukup hanya menjadi penonton yang menikmati pertunjukan saja. Akan tetapi, apabila ini dilakukan di luar logis, maka kita jelas bisa memberikan reaksiatas kegiatan tersebut yaitu dengan melaksanakan pembelian jika harga mengalami penurunan terlalu rendah, atau, menjual jika nilai harga saham dinaikkan terlalu tinggi.

Demikian tadi adalah artikel tentang arti window dressing dalam saham. Kami berharap yang sedikit ini mampu menambah wawasan kita semua. Juga semoga artikel tentang arti window dressing dalam saham ini memberi manfaat untuk kita semua. Silahkan bagikan artikel ini kepada orang lain jika menurut anda artikel ini akan berguna bagi orang lain juga. 

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Money Flow Index | Penggunaan dan Setting Indikator MFI

Apa itu Money Flow Index (MFI)? Money Flow Index (MFI) adalah osilator teknis yang menggunakan harga dan volume untuk mengidentifikasi kondisi jenuh beli atau jenuh jual dalam aset. Hal ini juga dapat digunakan untuk melihat divergensi yang memperingatkan perubahan tren harga. Osilator bergerak antara 0 dan 100. Tidak seperti osilator konvensional seperti Relative Strength Index (RSI) , Money Flow Index menggabungkan data harga dan volume, sebagai lawan dari harga yang adil. Untuk alasan ini, beberapa analis menyebut MFI sebagai "the volume-weighted RSI". Money Flow Index pada Indonesia Composite Kunci dalam Memahami Indikator MFI Indikator biasanya dihitung menggunakan 14 periode data. Pembacaan MFI di atas 80 dianggap overbought dan pembacaan MFI di bawah 20 dianggap oversold. Overbought dan oversold tidak selalu berarti harga akan berbalik, hanya saja harga mendekati tinggi atau rendah dari kisaran harga terbaru. Pembuat indeks, Gene Quong dan Avru...

Mengenal Indikator ADX | Indikator Kekuatan Trend

Perdagangan pada arah tren yang kuat mengurangi risiko dan meningkatkan potensi keuntungan. Average Directional Index (ADX) digunakan untuk menentukan kapan harga sedang tren kuat. Dalam banyak kasus, ini adalah indikator tren utama. Bagaimanapun, tren adalah mungkin teman Anda, tentu menyenangkan untuk mengetahui siapa teman Anda. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang ADX sebagai indikator kekuatan tren. Memahami Indikator ADX ADX digunakan untuk mengukur kekuatan tren. Perhitungan ADX didasarkan pada Moving Average dari ekspansi kisaran harga selama periode waktu tertentu. Pengaturan standarnya adalah 14 bar, meskipun periode waktu lain dapat digunakan. ADX dapat digunakan pada kendaraan perdagangan apa saja seperti saham, reksadana, dana yang diperdagangkan di bursa dan futures. ADX diplot sebagai garis tunggal dengan nilai-nilai mulai dari yang rendah dari nol sampai yang tinggi dari 100. ADX adalah non-directional; itu mencatat kekuatan tren apakah harga sedang t...

PT Visi Telekomunikasi Infrastruktur Tbk (GOLD) Catat Pendapatan Rp35,64 Miliar Hingga September 2022

PT Visi Telekomunikasi Infrastruktur Tbk (GOLD) mencatat pendapatan Rp35,64 miliar hingga periode 30 September 2022 naik dari pendapatan Rp32,97 miliar di periode yang sama tahun sebelumnya. Laporan keuangan perseroan Rabu menyebutkan, beban pokok pendapatan naik menjadi Rp13,29 miliar dari Rp11,91 miliar dan laba kotor naik menjadi Rp22,34 miliar dari laba kotor Rp21,06 miliar tahun sebelumnya. Beban usaha naik menjadi Rp7,58 miliar dari Rp6,90 miliar membuat laba operasi naik tipis menjadi Rp14,76 miliar dari laba operasi Rp14,16 miliar tahun sebelumnya. Laba sebelum pajak menjadi Rp13,93 miliar naik dari laba sebelum pajak Rp13,17 miliar dan laba bersih yang diatribusikan ke pemilik entitas induk mencapai Rp13,14 miliar naik dari laba bersih Rp12,24 miliar tahun sebelumnya. Jumlah liabilitas mencapai Rp41,41 miliar hingga periode 30 September 2022 naik dari jumlah liabilitas Rp34,44 miliar hingga periode 31 Desember 2021 dan jumlah aset mencapai Rp394,69 miliar hingga periode 30 Se...